1. Pengertian Manajemen Layanan Teknologi Informasi.
Jwb : yaitu metode pengelolaan sistem teknologi informasi
yang terpusat pada perspektif konsumen layanan teknologi informasi terhadap
bisinis perusahaan.
2. Kerangka kerja pada Manajemen Layanan Teknologi
Informasi.
- · Konsep dasar : mencangkup bisnis , teknis, dan manajerial berbagai komponen dan peranan layanan SI .
- · Teknologi Informasi : pengembangan dan berbagai isu manajemen (hardware, software, jaringan)
- · Aplikasi bisnis : penggunaan utama nya untuk operasi , manajemen, dan keunggulan kompetitif.
- · Proses pengembangan : bagaimana para praktisi dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi untuk peluang bisnis.
- · Tantangan manajemen : untuk secra efektif dan etis mengelola teknologi pada tingkat pemakai akhir.
3. Siklus hidup Manajemen Layanan Teknologi Informasi.
- · Memastikan kinerja penyedia layanan dalam batas yang ditentukan
- · Pencegahan pelanggaran
- · Identifikasi dan pemantauan KPI
- · Penyediaan informasi kepada fungsi desian.
- · Manajemen portofolio
- · Manajemen kebutuhan
- · Manajemen hubungan bisnis
4. Metode yang digunakan Manajemen Layanan Informasi
- · Total quality management : strategi menejemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi
- · Six sigma : alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti TQM, sangat berfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi
- · BPM : metode penyelarasan secara efisien dengan keinginan dan kebutuhan organisasi
- · CMMI : pendekatan perbaikan proses yang memberikan unsur penting proses efektif bagi organisai
5. Kerangka kerja (framework) Manajemen Layanan Informasi
- · ITIL : rangkaian dengan konsep dan teknik penglolaan infrasturktur, pengembangan, oprasi TI
- · COBIT : audit sistem informasi dan dasar pengendalian yang dibuat oleh ISACA dan ITGI
- · ASL : kerangka kerja domain public yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi manajemen
- · BISL : standart domain public sejak thn 2005
- · MOF : serangkaian panduan yang betujuan membantu teknoligi informasi professional menetapkan dan menerapkan layanan yang handal dan hemat biaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar